Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DI LINGKUNGAN PUSLITBANG SDA

Admin Master     Tuesday, 6 March 2018

KTI.png

Dalam rangka pengembangan serta persiapan JFT & Non JFT mengikuti Pemilihan KTI Terbaik tahun 2018 dan sebagai upaya pemenuhan kewajiban maintenance angka kredit di semua jenjang JFT peneliti setiap tahun yang harus ditetapkan pada SKP (Rancangan Permen PANRB) sesuai  ketentuan PP Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, Puslitbang SDA menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Lingkungan Puslitbang SDA dari tanggal 13 - 14 Februari 2018 bertempat di Ruang Media Center Balai Litbang Sabo Yogyakarta. Acara ini terselenggara atas kerjasama Puslitbang SDA sebagai pelaksana dengan narasumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Target peserta pada acara ini adalah JFT Peneliti/Perekayasa dan JFT lainnya aktif, calon JFT, JFU (PNS dan Non PNS) yang memiliki peminatan KTI.

 Acara diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK). Kabid SDK menyampaikan dasar penyelenggaraan acara ini yaitu:

  1. Sebagai program KJF dalam pengembangan kompetensi JFT
  2. PP 11 2017 tentang Manajemen PNS
  3. RaPermen PAN RB yg mengharuskan setiap fungsional harus memiliki kewajiban maintenance setiap tahunnya yaitu untuk jenjang fungsional pertama 10 angka kredit, fungsional muda 15 angka kredit, fungsional madya 20 angka kredit, fungsional utama 25 angka kredit yg harus terangkum dalam SKP   

Kabid SDK juga menyampaikan tujuan workhsop KTI selain untuk mendapatkan angka kredit juga untuk menggairahkan  para peneliti/perekayasa & JFT lainnya agar senang menulis mengingat tugas lembaga litbang.

Kepala Balai Litbang Sabo dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa selaku insan litbang ada 2 tantangan terkait kegiatan tulis-menulis, yaitu bagaimana menuangkan hasil kegiatan kelitbangan menjadi suatu format yang dapat dikonsumsi masyarakat scientific dan forum-forum populer yg idealnya dua-duanya dapat didorong bersama. Kepala Balai Litbang Sabo berharap, dari kegiatan workshop KTI ini dapat meningkatkan produktivitas para peneliti/perekayasa dan JFT lainnya untuk menghasilkan karya-karya yang akan dituangkan kedalam format karya tulis ilmiah.

Hari pertama (13/2) acara diawali dengan materi taktik menulis artikel ilmiah untuk majalah/jurnal ilmiah. Hari kedua (14/2) dilanjutkan dengan workshop cara menterjemahkan hasil-hasil penelitian (laporan) ke dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Secara keseluruhan rangkaian acara selama 2 hari berjalan baik dan lancar. Penyampaian materi dibawakan narasumber sangat baik, terstruktur & interaktif. Pemanfaatan KTI masih perlu dioptimalkan oleh kesadaran diri para fungsional tertentu, harus disadari bahwa karya tulis ilmiah sangat bermanfaat dan sebagai wadah untuk menuangkan ide, gagasan dan sarana publikasi karya penelitian maupun pengembangan. Acara ditutup oleh Kepala Balai Litbang Sabo (14/2).

Hak Cipta © 2018 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.