Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DI LINGKUNGAN PUSLITBANG SDA

Admin Master     Friday, 4 August 2017

Platihan lkiw2.png

Dalam rangka pengembangan serta persiapan JFT & Non JFT mengikuti Pemilihan KTI Terbaik tahun 2017 dan sebagai upaya pemenuhan kewajiban maintenance angka kredit di semua jenjang JFT peneliti setiap tahun yang harus ditetapkan pada SKP, Puslitbang SDA menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Lingkungan Puslitbang SDA dari tanggal 24 - 25 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang lt. 3 Kanpus Pusair Bandung. Acara ini terselenggara atas kerjasama Puslitbang SDA sebagai pelaksana dengan narasumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).   Target peserta pada acara ini adalah JFT Peneliti/Perekayasa dan JFT aktif lainnya, maupun sedang Berhenti Sementara (BS), Calon JFT, JFU (PNS dan Non PNS) yang memiliki peminatan KTI.

 

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) mewakili Kapuslitbang SDA. Kabid SDK menyampaikan dasar penyelenggaraan acara ini yaitu:

  1. Sebagai program KJF dalam pengembangan kompetensi JFT
  2. PP 11 2017 tentang Manajemen PNS
  3. RaPermen PAN RB yg mengharuskan setiap fungsional harus memiliki kewajiban maintenance setiap tahunnya yaitu untuk jenjang fungsional pertama 10 angka kredit, fungsional muda 15 angka kredit, fungsional madya 20 angka kredit, fungsional utama 25 angka kredit yg harus terangkum dalam SKP

Kabid SDK juga menyampaikan tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan kompetensi JFT Peneliti/Perekayasa dalam menulis KTI agar tidak saja untuk menambah angka kredit secara tidak langsung, tetapi juga mengingatkan bahwa hasil/output litbang yang selama ini dikerjakan adalah karya ilmiah yang bermanfaat. Diharapkan dari workshop KTI ini JFT Peneliti/Perekayasa mampu membuat KTI dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan agar menjadi nilai angka kredit.

 

Hari pertama (24/7) acara diawali dengan materi standar teknik penulisan ilmiah, cara mengirimkan & mempublikasikan artikel sampai pada masalah etis yang terkait dengan penerbitan. Hari kedua (25/7) dilanjutkan dengan workshop cara menterjemahkan hasil-hasil penelitian (laporan) ke dalam bentuk karya tulis ilmiah.

 

Secara keseluruhan rangkaian acara selama 2 hari berjalan baik dan lancar. Penyampaian materi dibawakan narasumber sangat baik, terstruktur & interaktif. Pemanfaatan KTI masih perlu dioptimalkan oleh kesadaran diri para fungsional tertentu, harus disadari bahwa karya tulis ilmiah sangat bermanfaat dan sebagai wadah untuk menuangkan ide, gagasan dan sarana publikasi karya penelitian maupun pengembangan. Acara ditutup oleh Kabid SDK (25/7).

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.