Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

UGM MENGGALI LEBIH DALAM TENTANG PUSAT LITBANG SDA

Admin Master     Thursday, 27 July 2017

Bandung – “Adek-adek ini sudah menyelesaikan dua semester dan siap memasuki tugas akhir, sehingga kembali ke spirit sebelumnya bagaimana memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang sangat massive itu (di lingkup kegiatan Kementerian PUPR) untuk bisa tidak hanya menjadikan Capacity Development generasi muda, tetapi juga Development of Innovation di bidang khususnya infrastruktur yang terkait dengan underground spacing kami”, begitu penuturan Dwikorita Karnawati Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) saat menjelaskan latar belakang kedatangan dirinya yang memboyong Dekan Sipil dan beberapa Senior Dosen UGM yang juga merupakan Karyasiswa di Kementerian PUPR.

Kedatangan Dwikorita beserta rekan-rekannya disambut hangat oleh Kepala Pusat Litbang SDA William M. Putuhena, sebab kunjungan ini merupakan suatu langkah awal dalam pertalian kerjasama antara Puslitbang SDA dengan UGM. Pertemuan ini turut didampingi oleh beberapa pejabat eselon III dan IV Puslitbang SDA yakni Kepala Bidang Standar dan Kerjasama Deri Indrawan, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Teti Kurniati, Kepala Balai Litbang Bangunan Hidrologi dan Geoteknik Keairan Slamet Lestari, Kasi Penerapan dan Pelayanan Balai Litbang Hidraologi dan Tata Air Heruyoko, Kasi Litbang Balai Litbang Lingkungan Keairan Widhya Sudjianto, dan Kasubid Standar Ade Karma.

“Dalam rangka untuk belajar inspirasi dan belajar pengalaman dari ibu-bapak praktisi atau peneliti disini. Dan untuk mengidentifikasi kira-kira lapangan atau project kegiatan apa yang bisa kami berpartisipasi dengan melibatkan mahasiswa sebagai bagian dari tugas akhir mereka,” lanjut Dwikorita.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, William menyampaikan informasi terkait inovasi teknologi litbang yang telah dihasilkan dan Pilot Project yang akan dilaksanakan tahun depan oleh Pusat Litbang SDA dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara Dwikorita maupun rekannya dengan jajaran pejabat eselon III dan IV yang hadir. William menyampaikan bahwa kesempatan ini dapat menjadi peluang untuk menjalin kerjasama antara Pusat litbang SDA dengan UGM di masa mendatang.

Setelah mendapatkan banyak masukan selama sesi diskusi, kemudian Dwikorita beserta rekan-rekan diantarkan untuk melihat prototype bendung dan bendungan yang sedang diuji coba di laboratorium Balai LItbang Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan, serta fasilitas laboratorium kimia Balai Litbang Lingkungan Keairan. (humas)

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.