Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

TINGKATKAN KETAHANAN AIR DAN ATASI PERMASALAHAN AIR LIMBAH LEWAT GENERASI CERDAS INDONESIA

Admin Master     Thursday, 27 April 2017

lki.png

 

Jakarta (26/4) Dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan air dalam bidang penelitian, Pusat Litbang SDA menyelenggarakan Final Lomba Karya Ilmiah Sumber Daya Air Tingkat Nasional X Tahun 2017 untuk siswa SMA/SMK/MA. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sapta Taruna Kementerian PUPR ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut Hari Air Dunia ke 25 pada tanggal 22 Maret. Turut hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Danis H. Sumadilaga, serta Kepala Pusat Litbang Sumber Daya Air William M. Putuhena untuk memberikan sambutan dan arahan kepada para finalis.

Tema LKI pada tahun 2017 adalah “Potensi Air Limbah untuk Peningkatan Ketahanan Air” dengan sub temanya antara lain: Pengelolaan air limbah sebelum masuk badan air, Pemanfaatan ulang (recycle) air limbah, dan Teknologi tepat guna dalam pengendalian air limbah. Proses penilaian makalah yang peserta kirimkan sendiri telah dilaksanakan sejak minggu ke dua (2) bulan Februari 2017 dan berakhir pada minggu ke tiga (3) bulan april 2017. Setelah melalui proses seleksi dari total 438 kelompok yang berasal dari 354 sekolah di seluruh Indonesia, akhirnya terpilih 10 finalis terbaik yang akan mempresentasikan makalahnya langsung di hadapan para juri.

“Adapun tujuan dari penyelenggaraan lomba karya ilmiah ini diantaranya, memacu dan meningkatkan pemahaman dalam upaya melestarikan sumber daya air, menguatkan rasa peka terhadap permasalahan ruangan sumber daya air dari pencemaran air limbah, mengenalkan kecintaan pada kegiatan litbang bidang SDA kepada generasi muda,” jelas William saat menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan.

lki3.jpg

Dalam sambutannya, Danis mengungkapkan kekagumannya kepada para peserta LKI. “Saya juga pernah SMA, tapi begitu saya melihat hasil karya anak SMA ini saya merasa sangat kagum. Mereka rata-rata kelas 1 SMA, tapi sudah memiliki pemikiran yang menurut saya sangat luar biasa, sangat cerdas dalam membuat karya-karya ilmiah ini” kata Danis. Selain itu selaku kepala Balitbang, Danis juga mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung dengan adanya lomba karya ilmiah seperti ini, dan jika memungkinkan danis berharap LKI ini juga bisa mencapai ke tingkat mahasiswa.

“Nanti hasil LKI harus kita sampaikan kepada Pemerintah daerah, ini yang paling penting bahwa suatu karya itu ada manfaat dan kontribusinya. Kemudian 10 karya ilmiah terbaik ini bisa dimanfaatkan oleh Pemda dengan mengambil contoh-contoh karya ilmiah yang telah dibuat oleh peserta dan pastikan dari kasus-kasus yang ada bisa dimanfaatkan, misalnya limbah industri batik dengan skala yang ada didaerah tersebut. Dan jangan sampe hasil penelitian hanya disimpan di rak dengan piagam dan penghargaan, dan saya kira akan lebih bermanfaat digunakan oleh siapapun khususnya didaerah tempat peserta berasal” lanjutnya.

Setelah mempresentasikan masing-masing makalahnya, para juri kemudian akan menilai dan memutuskan siapa 3 pemenang terbaik yang layak memperoleh Trofi menteri dan sejumlah uang tunai sebagai hadiahnya. Pengumuman pemenang LKI ini akan dilaksanakan pada Jumat, 28 April 2017 bertepatan dengan penutupan pameran Hari Air Dunia di Kementerian PUPR Jl. Pattimura 20 Jakarta.

Adapun 10 Finalis Terbaik LKI SDA Tingkat Nasional X Tahun 2017, diantaranya:

  1. SMK Negeri 1 Bandung

dengan judul makalah “Pengelolaan air limbah sebelum masuk badan air efektifitas jamur massamius sp. sebagai pendegradasi pewarna tekstil indigo intuk solusi penanganan limbah pabrik (let fungi save the world),

  1. SMA Negeri 1 Bantul

dengan judul makalah “ATSTS (Alat Teknologi Sederhana Tenaga Surya) pengelolaan air limbah batik untuk meningkatkan mutu lingkungan”

  1. SMA Negeri 3 Semarang

dengan judul makalah “Inovasi Banker Air Limbah (IBAL) dengan Sistem Water Netralisir (SWN) dikawasan perumahan padat penduduk kali Weda Kabupaten Merauke”

  1. SMA Katolik Santu Petrus Pontianak

dengan judul makalah “Rancang bangun SALFILAMI (Saluran Air Berfilrtasi Alam) dalam upaya mengurangi pencemaran air di Pontianak”

  1. SMA Negeri 3 Denpasar

dengan judul makalah “Implementasi konsep waste water garden tekik teknik fitoremediasi dalam penanggulangan limbah cair industri”

  1. SMA Kristen Trimulya Hits Bandung

dengan judul makalah “Pengeolahan air limbah sekolah untuk bertanam dengan teknik hidroponik dan akuaponik”

  1. SMA Plus Negeri 3 Banyumasin III

dengan tema makalah “Back to nature optimalisasi pemanfaatan BBF (Black Bio Fertilizer) melalui “Smart Box Portable”

  1. SMA Negeri 2 Kudus

dengan judul makalah ”Faldem plus daur ulang air limbah detergent/minyak dari bengkel dan rumah tangga serta potensi menjadi energi listrik”

  1. SMAN 3 Jambi

dengan judul makalah “Sadimen lumpur sungai Batanghari dan arang bambu kijang sebagai bahan filter pengelolaan air limbah batik Jambi”

  1. SMKN 3 Surabaya

dengan judul makalah ”Biosel limbah air WC subagai sumber energi listrika alternatif”.

 

(humas)

 

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.