Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Taman Ekologi Bandung Segera Diwujudkan

Admin Master     Friday, 10 March 2017

P3070712.jpg

Dalam upaya pelestarian kembali sungai Cikapundung, Puslitbang SDA bekerja sama dengan Yayasan Tunas Nusa, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, serta Dinas PU Kota Bandung menyatakan akan merintis pembangunan Taman Ekologi Bandung dalam Press Conference kemarin (7/3) di Kantor Puslitbang SDA Jl. Ir H. Juanda No.193, Bandung. Rancangan Taman Ekologi yang akan diwujudkan adalah karya Cerish Nurul Ainy dan Silvi pemenang I Lomba Rancang Taman Ekologi pada Oktober 2016 lalu.

Pada tahap persiapan, Ikatan Ahli Landskap Indonesia di Kota Bandung bersama-sama dengan konsultan SAB, pemenang rancang TEB 1, 2 dan 3 serta team riset Tunas Nusa akan merinci rancangan pemenang I tersebut menjadi gambar dan panduan pelaksanaan yang bisa dipakai sebagai rujukan pelaksanaan di lapangan.

Diharapkan dalam 3 tahun bentuk awal Taman Ekologi Bandung sudah terwujud dan bisa dinikmati sebagai satu kesatuan, di tahun 2017 akan dilaksanakan 2 tahapan kegiatan pelaksanaan yaitu:

  1. Minggu 3 bulan Maret – bulan 4 Mei
  2. Minggu 2 bulan Juli – minggu 2 November 2017

Tanam perdana akan diselenggarakan pada tanggal 19 Maret 2017 sebagai bagian dari peringatan hari Air sedunia bersama komunitas yang telah dan akan menyatakan kesediaannya untuk bersama sama membangun masyarakat yang lebih baik dan sugai yang lebih lestari. Di tahun 2017 akan di pilih 5 simpul bagian dari segmen 4 yang secara bertahap dibangun melalui kolaborasi komunitas sesuai kesepakatan dan kapasitasnya.

Dengan dirintisnya Taman Ekologi Bandung ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya dalam merestorasi sungai dalam kota demi peningkatan kualitas ekosistem sungai, mengelola air limbah, meningkatkan keasadaran pentingnya air untuk kehidupan, dan menjadi media pendidikan harmoni sungai di perkotaan.

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.