Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Studi Eksursi Mahasiswa Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air ITB

Admin Master     Monday, 6 November 2017

HIMAPSDA ITB 2.JPG

“Mereka didik dari air hujan dan air mata, para mahasiswa ini dari Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air. Sudah pasti akan ber-partner sekali nih dengan Puslitbang SDA,” begitu pengantar yang diungkapkan oleh Bapak Legowo Wignyo selaku Dosen sekaligus Pembina Rombongan Mahasiswa Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air Intitut Teknologi Bandung (ITB).
Kunjungan rombongan mahasiswa dari 4 angkatan ini dilaksanakan dalam rangka Studi Ekskursi menjelang kegiatan Kuliah Kerja Lapangan serta Tugas Akhir untuk menyelesaikan pendidikan sarjana. Sesuai dengan tujuan yang disampaikan dalam permohonan kunjungan, para mahasiswa ingin mendapatkan kesempatan untuk mengamati, memahami, membandingkan, dan menganalisis pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah dengan melihat langsung kondisi di lapangan. Selain itu rombongan mahasiswa yang berjumlah 70 orang ini bermaksud untuk lebih mengenalkan diri tentang hal-hal yang akan menjadi bidang pekerjaan Sarjana Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (TPSDA).
“Kegiatan ekskursi pada hari ini merupakan suatu kegiatan yang diprogramkan oleh Himpunan Mahasiswa. Jadi maksud dan tujuan ekskursi ini sebenarnya itu diharapkan agar mahasiswa TPSDA dapat lebih mengenal dan mengatahui lebih dalam tentang bidang keprofesiannya, Pak. Dalam hal ini Pusair diharapkan bisa menjelaskan lebih rinci berkenaan tentang sumber daya air itu sendiri. Selain itu semua, kita ingin membangun kerjasama. Ini kan ada yang baru mau mulai kerja praktek atau mau TA, jadi mungkin melalui kegiatan ini diharapkan bisa ada kerjasama yang baik, begitu Pak,” jelas Ega Herlangga selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Pengelolaan Sumber Daya Air.
Kedatangan rombongan mahasiswa ini disambut hangat oleh Asep Syaefudin selaku Humas Puslitbang SDA yang kemudian memberikan paparan singkat tentang Profil Instansi serta beberapa Inovasi Teknologi yang telah dihasilkan dan diterapkan. Turut hadir Ari Mulerli Kepala Seksi Penerapan dan Pelayanan Balai Litbang Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan (BHGK) yang menjelaskan sedikit tentang Balai Litbangnya.

HIMAPSDA ITB  3.JPG
Kemudian rombongan pun diantarkan dan didampingi untuk melihat langsung Laboratorium Balai Litbang BHGK, dan Balai Litbang Hidrologi dan Tata Air (HITA). Para mahasiswa terlihat antusias saat mengunjungi laboratorium di Kanpus Puslitbang SDA dengan banyak mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan perwakilan Petugas Balai Litbang demi menambah wawasan mereka tentang fasilitas yang tersedia di laboratorium. (humas)

 

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.