Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

SOSIALISASI TATA NASKAH DINAS (TND), TATA NASKAH DINAS ELEKTRONIK (TNDE) DAN PENGELOLAAN ARSIP DI LINGKUNGAN PUSLITBANG SDA

Admin Master     Wednesday, 29 November 2017

tnde1.png

Dalam rangka menindaklanjuiti Peraturan Menteri PUPR No. 34/PRT/M/2016 tentang Perubahan atas Perubahan Peraturan Menteri PUPR No. 07/PRT/M/2016 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Kementerian PUPR, Peraturan Menteri PU No. 6 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tata Naskah Dinas Elektronik Kementerian PU dan Peraturan Menteri PUPR No. 23/PRT/M/2016 tentang Penyelenggaraan Arsip Dinamis Kementerian PUPR, Puslitbang SDA menyelenggarakan Sosialisasi Tata Naskah Dinas (TND), Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) dan Pengelolaan Arsip di Lingkungan Puslitbang SDA dari tanggal 14-15 November 2017 bertempat di Ruang Sidang lt. 3 Kanpus Pusair Bandung. Acara ini terselenggara atas kerjasama Puslitbang SDA sebagai pelaksana dengan narasumber dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR. Target peserta pada acara ini adalah Pengadministrasi umum / sekretaris di unit Bagian/Bidang/Balai dan diikuti oleh 33 peserta.

 Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan saat penyampaian laporan pada saat pembukaan acara bahwa tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM pada jabatan Pengadministrasi Umum dan Jabatan lain yang serumpun. Memberikan pemahaman kepada pejabat struktural bahwa mendisposisi secara elektronik sudah menjadi kebutuhan dan mengurangi penggunaan kertas (papperless).

 Acara dibuka oleh Kepala Bagian Keuangan & Umum (KU) mewakili Kapuslitbang SDA. Dalam sambutannya Kabag KU menyampaikan pentingnya TNDE dalam menunjang Reformasi Birokrasi. “Mengingat pentingnya penggunaan TNDE berdasarkan Peraturan Menteri PU No. 6 Tahun 2013 kita diminta mengefektifkan penggunaan TNDE guna menunjang Reformasi Birokrasi di dalam pekerjaan. TNDE merupakan bagian dari e-government yg akan mendukung suatu institusi.  manfaat lainnya diantaranya adalah terwujudwanya percepatan pemerintahan, efektivitas & efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, efektivitas & efisiensi pekerjaan dapat tercapai dengan tersampaikannya informasi secara langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terwujudnya percepatan reformasi birokrasi, terciptanya koordinasi integrasi, sinkronisasi dan simplifikasi antar satuan kerja dan bahkan instansi pemerintah”.

 Hari pertama (14/11) acara diawali dengan materi TND & TNDE. Hari kedua (15/11) dilanjutkan dengan bimbingan teknis pengelolaan arsip. Secara keseluruhan rangkaian acara selama 2 hari berjalan baik dan lancar. Diharapkan akan ada perubahan di puslitbang SDA setelah pelaksanaan sosialisasi ini sehinga semua dapat melaksanakan tugas dengan efisien dan optimal. Acara ditutup oleh Kabid SDK (15/11). (sdk)

 

 

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.