Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Sosialisasi dan Bimtek Penerapan Disiplin Pegawai Di Lingkungan Puslitbang SDA

Admin Master     Wednesday, 22 February 2017

sosialisasi_dan_bimrek_penerrapan_pegawai_pusair.png

Bandung (10/2) Dalam rangka meningkatkan pemahaman serta penerapan disiplin pegawai, Puslitbang SDA menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penerapan Disiplin Pegawai di Lingkungan Puslitbang SDA, bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 dengan melibatkan seluruh pegawai yang berada di kantor pusat Bandung.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai di Puslitbang SDA terkait peraturan disiplin pegawai, juga kepada para atasan langsung terkait penerapan dan mekanisme penjatuhan hukuman disiplin kepada pegawai yang terindikasi melakukan pelanggaran disiplin secara cepat dan tepat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Puslitbang SDA William M. Putuhena yang diwakili oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Ratna Adiana menyampaikan bahwa, “Dikarenakan hasil monitoring disiplin pegawai saat ini cukup banyak pelanggaran disiplin kepegawaian termasuk kasus pidana yang dilakukan pegawai Kementerian PUPR dan belum ditindaklanjuti secara tuntas sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku”. Oleh karena itu Pejabat yang berwenang dalam hal ini atasan langsung wajib menjatuhkan hukuman disiplin kepada pegawai yang melakukan pelanggaran disiplin. Apabila pejabat yang berwenang tidak menjatuhkan hukuman disiplin kepada pegawai yang melakukan pelanggaran maka pejabat tersebut akan dijatuhi hukuman disiplin juga oleh atasannya.

Selain itu, dalam rangka pengawasan kepada para pegawai, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Danis H. Sumadilaga telah memutuskan untuk membentuk Tim Disiplin di setiap Puslitbang dengan diketuai oleh Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). Beliau juga menyampaikan bahwa, “Penegakkan disiplin amat penting untuk suksesnya pelaksanaan tugas Pusat Litbang Sumber Daya Air yang mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang Sumber Daya Air. Tugas ini harus dapat mendukung terciptanya mutu penyelenggaraan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat dibidang SDA”.

Dalam mendukung pemahaman para pegawai, Kasubid Pengolahan Badan Pertimbangan Kepegawaian Dwi Wahyudi Budiman, dan Sekretariat Badan Pertimbangan Kepegawaian Sriyono selaku narasumber memberikan paparan kepada seluruh pegawai Puslitbang SDA dengan presentasi yang menarik dan interaktif. Adapun peraturan yang menjadi materi pada kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis ini diantaranya:

  1. PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS
  2. PP Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian PNS
  3. PP Nomor 10 Tahun 1983 jo PP Nomor 45 Tahun 1990 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi PNS
  4. Perka BKN Nomor 21 Tahun 2010 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai. (hms)B

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.