Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Rapat Koordinasi Tata Naskah Dinas

Admin Master     Wednesday, 22 February 2017

tnd2.png

Bandung (16/2) Terkait dengan perubahan kebijakan pedoman Tata Naskah Dinas dari Permen PU No. 37/PRT/M/2007 menjadi Permen PU No. 07/PRT/M/2016, Badan Litbang Kementerian PUPR berkoordinasi dengan seluruh staf Pusat Litbang yang terkait mengadakat Rapat Koordinasi Tata Naskah Dinas (TND). Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di kantor pusat Puslitbang SDA ini membahas tentang Pedoman Naskah Dinas baik yang konvensional maupun online, serta praktek menggunakan aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE).

Dalam kegiatan ini turut menghadirkan Sesbalitbang Bernaldy yang memberikan arahan pembukaan, serta Biro Umum Zulkarnain sebagai narasumber. Dalam materi yang disampaikan, Zulkarnain mengatakan bahwa terdapat tuntutan reformasi birokrasi untuk menciptakan tata laksana pemerintahan yang lebih jelas, efektif, efisien, dan akuntabel. Sehingga diperlukan adanya keseragaman dalam penulisan naskah dinas yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

TND adalah penyelenggaraan komunikasi tulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi, dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. TND digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan tata naskah dinas pada setiap unit organisasi/unit kerja/ satuan kerja di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tujuan dari TND yaitu untuk menciptakan kelancaran komunikasi tulis yang efektif dan efiseien, keseragaman dalam penerapan, tertib administrasi, serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan penanganan surat masuk dan/atau surat keluar antar unit kerja/unit organisasi Kementerian PUPR dalam mendukung  penyelenggaraan administrasi pemerintahan.

Sedangkan TNDE merupakan teknologi pertatasuratan melalui media elektronik. Penggunaan aplikasi TNDE ini diharapkan akan meminimalisir penggunaan kertas dalam setiap kegiatan persuratan di lingkup kementerian PUPR. Selain itu juga dengan menggunakan TNDE, arus informasi di lingkungan Kemenerian PUPR diharapkan akan lebih cepat dan realtime.(humas)

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.