Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Persiapan Pelaksanaan Forum Bisnis Teknologi Hasil Litbang

Admin Master     Friday, 8 September 2017

P9080189.JPG

Guna mempersiapkan teknologi unggulan menuju industrialisasi produk hasil litbang PUPR, Balitbang melakukan rangkaian kegiatan dengan menggelar Simulasi Pelaksanaan Forum Bisnis Teknologi Hasil Litbang di Kantor Pusat Puslitbang Sumber Daya Air Bandung (8/9) yang di hadiri oleh pejabat Eselon III dan IV, serta para peneliti terkait di lingkungan Balitbang Kementerian PUPR.

Kegiatan persiapan ini turut dihadiri oleh perwakilan Puslitbang Jalan dan Jembatan (Jatan), Puslitbang Perumahan dan Permukiman (Perkim), serta Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (KPT).

Agenda kegiatan hari ini adalah simulasi presentasi dari teknologi-teknologi unggulan yang terpilih untuk kemudian akan di promosikan di Forum Bisnis yang pelaksanaannya bersamaan dengan pameran Concrete Show pada 13 -16 September yang bertempat di JIExpo Kemayoran.

Adapun produk litbang yg telah lulus assesment dan siap diindustrialisasi antara lain dibagi menjadi 4 katagori, yakni kategori beton, aspal, baja dan limbah. Masing-masing teknologi produk litbang PUPR yang masuk katagori beton antara lain Blok Beton Terkunci, Saluran Irigasi Modular, dan Blok Beton Berkait 3B yang merupakan Produk Unggulan Puslitbang SDA dan Teknologi Rumah Unggul Sistem Panel Instan (Ruspin) yang merupakan Produk Puslitbang Perkim. Sedangkan untuk katagori baja yaitu Jembatan Untuk Desa (JUDESA) yang merupakan produk Puslitbang Jatan. Pada katagori Aspal yaitu Teknologi Tambal Cepat Mantap (TCM) yang merupakan produk Puslitbang Jatan dan Teknologi Instalasi Daur Ulang Air Limbah Biotour katagori limbah yang merupakan Produk Puslitbang Perkim.

Diharapkan dengan kegiatan Simulasi Forum Bisnis Teknologi Hasil Litbang ini dapatĀ  menarik hati aplikator sehingga teknologi unggulan hasil litbang di lingkungan Balitbang dapat diindustrialisasi dan bermanfaat untuk pembangunan infrastruktur Indonesia.

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.