Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Pengembangan Kompetensi SDM Pengelola Laboratorium pada Pelaksanaan Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 di Lingkungan Puslitbang Sumber Daya Air

Admin Master     Wednesday, 22 March 2017

SDK2.png

Puslitbang Sumber Daya Air menyelenggarakan Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 di Lingkungan Puslitbang SDA pada Rabu - Kamis (8 - 9 Maret 2017), bertempat di Ruang Media Center Balai Litbang Sabo Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta perwakilan Bagian/Bidang/Balai yang terdiri dari Manajer Puncak, Manajer Mutu, Manajer Teknis, Teknisi, Penyelia, Auditor dan personil yang terkait dengan pengelolaan dan pengembangan manajemen laboratorium.  

 Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) melaporkan latar belakang pelaksanaan diantaranya :

  • PERMEN PUPR  No. 20/PRT/M/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR;
  • Sistem Manajamen Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2008;
  • Status Akreditasi Laboratorium di Lingkungan Puslitbang SDA;
  • Rencana Integrasi Sistem Manajemen ISO 9001, 17025 & 17020
  • Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

 Tujuan peningkatan kompetensi adalah mengembangkan pemahaman:

  1. Prinsip sistem manajemen laboratorium yang dimulai dengan pemberlakuan PTSP;
  2. Persyaratan sistem manajemen dan persyaratan teknis;
  3. Internal Audit dan tinjauan manajemen laboratorium;
  4. Mengidentifikasi permasalahan awal dalam sistem manajemen laboratorium dan memperbaikinya.

 Acara dibuka oleh Kepala Balai Litbang SABO mewakili Kepala Puslitbang SDA yang sangat mengapresiasi adanya pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 ini.  Kepala Balai Litbang SABO menyampaikan terkait dengan Hot Issue SABER PUNGLI bahwa pelayanan laboratorium Puslitbang SDA terhadap masyarakat harus benar-benar terukur dalam kualitas, manajemen dan keberterimaan sehingga apa yang kita laksanakan tidak melanggar aturan.

Secara keseluruhan rangkaian acara berjalan baik dan lancar. Penyampaian materi yang dibawakan narasumber sangat interaktif, dengan aktifnya peserta bertanya, menyatakan pendapat dan berkomentar positif yang diajukan kepada narasumber. Untuk mengukur kefektifan proses pelatihan penyelenggara menetapkan kepada peserta untuk mengikuti pretes & postes. Acara ditutup oleh Kepala Balai Litbang SABO pada hari Kamis 9 Maret 2017.(sdk)

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.