Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Pelaksanaan Drafting Paten Tahun 2017 di lingkungan Puslitbang SDA

Admin Master     Wednesday, 29 November 2017

PATEN3.png

Bandung (22-23/11), Puslitbang Sumber Daya Air menyelenggarakan pelaksanaan Drafting Paten Tahun Anggaran 2017 yang merupakan agenda rutin Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) setiap tahun. Acara dilaksanakan selama 2 hari di ruang Sidang Lt. 3 Kanpus Pusair Bandung, diikuti oleh para inventor, pejabat fungsional peneliti/perekayasa, Kepala Balai, Kepala Seksi Layanan, Kepala Seksi Penyelengara Teknis, dan personel lainnya yang terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual cq. hasil litbang. Latar belakang diselenggarakannya acara ini menurut Kepala Bidang SDK adalah UU NO. 13 tahun 2016 tentang Paten, Permen PUPR NO. 20/PRT/M/2016 Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian PUPR, Permen PUPR NO. 15/PRT/M/2015 Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PUPR, Permen PUPR NO. 49/PRT/M/2015 Tata cara penggunaan Paten di Kementerian PUPR. Kabid SDK juga menjelaskan tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu:

  • Memberikan satu pemahaman tentang kekayaan intelektual secara umun dan paten pada khususnya;
  • Pemahaman tentang cara permohonan paten;
  • Kesempatan dalam mengevaluasi dokumen usulan paten;
  • Menyamakan persepsi terutama untuk merumuskan klaim paten, agar klaim yang dimintakan perlindungan menjadi jelas.

 

Acara dibuka oleh Kepala Puslitbang SDA Dr. Ir. Eko Winar Irianto, M.Eng. Kapuslitbang SDA sangat mengapresiasi pelaksanaan drafting paten ini, harapannya paten dapat menjadi output kegiatan Puslitbang SDA bahkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR. Untuk itu Kapuslitbang SDA akan menetapkan Produk paten ini menjadi kewajiban bagi balai litbang di lingkungan Puslitbang SDA minimal mengusulkan 1 draft paten. Selain itu, Kapuslitbang SDA juga menyampaikan manfaat Drafting Paten yang sudah didaftarkan ke Ditjen Ki. bagi inventor salah satunya adalah dapat menambah angka kredit peneliti. Kapuslitbang berharap ini menjadi  kesempatan yang baik bagi para peneliti untuk meningkatkan kredit point.

 Pada pelaksanaan drafting paten kali ini, terdapat 4 permohonan invensi dari Balai Litbang Irigasi, 2 invensi dari Balai Litbang Bangunan Hidraulik & Geoteknik Keairan (BHGK), dan 2 invensi dari Balai Litbang Pantai. Sejumlah 6 dokumen hasil drafting sudah siap diusulkan dan didaftarkan  ke  Ditjen Ki yaitu invensi dari Balai Litbang Irigasi dan Balai Litbang Pantai. Invensi dari Balai Litang BHGK akan diperbaiki selambatnya Kamis, 30 Nopember 2017 untuk segera didaftarkan perlindungannya. (sdk)

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.