Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Menggali Ilmu Irigasi Dan Bendungan Di Puslitbang SDA

Admin Master     Wednesday, 6 December 2017

UMPalembang1.png

Bandung – Dalam rangka peningkatan kompetensi pembelajaran, Mahasiswa Teknik Sipil dari Universitas Muhammadiyah Palembang melakukan kunjungan ke Puslitbang SDA (27/11). Rombongan yang jumlahnya mencapai 90 orang termasuk dosen pembimbing ini disambut oleh Asep Syaefudin selaku Kepala Tim Humas di Puslitbang SDA.

Ir. Jonizar selaku ketua rombongan sekaligus dosen pembimbing menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Puslitbang SDA yaitu untuk membuka wawasan mahasiswa, dan mendapatkan informasi sekaligus kuliah tambahan seputar permasalahan air dan teknologinya. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa melalui kunjungan ini ia berharap mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palembang mendapatkan peluang kerjasama, baik dalam memperoleh data pendukung skripsi, maupun pelatihan.

Setelah mahasiswa mendapatkan paparan singkat mengenai profil dan produk dari Pusat Litbang SDA yang disampaikan oleh Asep, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan di sesi diskusi.

“Sistem irigasi apa yang cocok untuk lahan gambut?” tanya salah satu mahasiswi kepada Asep.

Asep kemudian memberikan penjelasan kepada mahasiswi tersebut bahwa sejauh kajian yang dilakukan oleh Puslitbang SDA, sistem irigasi yang dirasa paling cocok dan efektif untuk saat ini adalah sistem irigasi pasang surut. Namun penerapan sistem tersebut memang tidaklah gampang. Terdapat 3 tahap yang harus dilakukan dalam penerapan sistem irigasi ini, yakni diantaranya pertama pembukaan lahan yang memerlukan waktu cukup panjang, kedua pemasangan pintu-pintu air, serta ketiga penerapan pengendalian air untuk masuk keluar air. Namun terdapat pula kriteria lahan gambut yang bisa di buka maupun tidak boleh dibuka karena merupakan lahan konservasi.

Setelah mendapatkan penjelasan yang cukup jelas dari Asep, kemudian rombongan diantarkan untuk mengunjungi laboratorium yang ada di kantor Pusat Litbang SDA Bandung, yakni Laboratorium Balai Litbang Teknologi Hidrologi dan Tata Air (HITA), Balai Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan (BHGK). Dalam kunjungannya terlihat rombongan sangat antusias dan memanfaatkan waktu untuk menggali ilmu dengan bertanya kepada para perwakilan balai yang sedang bertugas terutama ketika meninjau prototipe bendungan yang berada di laboratorium BHGK. (humas)

Hak Cipta © 2018 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.