Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Kunjungan Mahasiswa Magister Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur Universitas Diponegoro

Admin Master     Friday, 8 December 2017

MMRI Undip1.png

“Alhamdulillah.. ini merupakan momen yang spesial karena pada hari ini kunjungan kita diterima langsung oleh Pak Kapus. Kebetulan Pak Kapus bisa hadir di tengah-tengah kita ini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Kami di sini membawa rombongan mungkin ingin mendapatkan informasi sejauh manakah pengaplikasian dari ilmu yang telah didapat oleh angkatan 2016 ini. Sedangkan untuk yang angkatan 2017 ini merupakan pengenalan awal sehingga mendapat bayangan karena bisa melihat secara visual,” begitu penuturan Agus Nardi Pemimpin rombongan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDA dan Konstruksi saat menjelaskan latar belakang kedatangan dirinya yang memboyong Mahasiswa Magister Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur (MMRI) dan Magister Teknik Bendungan Universitas Diponegoro (UNDIP) angkatan tahun 2016 dan 2017 yang juga merupakan Karyasiswa di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ke Puslitbang SDA (8/12).

“Mudah-mudahan Bapak/Ibu sekalian dalam pertemuan ini bisa mendapatkan gambaran bagaimana infrastruktur diterapkan, bagaimana penerapan sesuai standar dan bagaimana standar itu berpengaruh, serta bagaimana kita mengelola (infrastruktur tersebut). Terkadang memang kita itu paling pandai membuat tetapi kesulitan dalam mengelola. Tetapi salah satunya memang kenapa kita belum bisa mengelola itu karena standar dan pedoman kita masih kurang, begitu. Maka dari itu, apabila Bapak dan Ibu sekalian dikemudian hari setelah melakukan perencanaan, mendesain, dan melakukan pembangunan maka paling pokok bagaimana mengelolanya itu disesuaikan dengan Standar Pedoman dan Manual (SPM),” ujar Eko Winar Irianto Kepala Puslitbang SDA ketika menyambut kedatangan rombongan di Kantor Puslitbang SDA, Bandung.

“Balai irigasi Puslitbang SDA merupakan instansi pertama yang melakukan online jurnal sistem di Kementerian PUPR. Diharapkan dengan jurnal terkait sumber daya air yang telah diterbitkan dalam jurnal online tersebut dapat membantu Bapak Ibu sekalian dalam memenuhi informasi yang dibutuhkan. Selamat menikmati kunjungannya dan semoga kita semua selalu sukses,” sambung Eko untuk mengakhiri sambutannya.

Rombongan Mahasiswa MMRI dan MRB yang datang untuk menggali ilmu terapan langsung dari para peneliti dan ahli di bidang SDA memang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan pemahaman terkait hasil litbang di bidang bendungan dan rekayasa infrastruktur ke-PUPR-an. Untuk itu, Asep Syaefudin selaku Kepala Tim Humas Puslitbang SDA memberikan paparan singkat terkait produk-produk serta kegiatan litbang tahun 2017 yang telah dan sedang dilakukan oleh Puslitbang SDA dalam mendukung pembangunan infrastruktur bangsa. Turut hadir dalam diskusi bersama rombongan kunjungan yaitu Ari Mulerli Kasi Penerapan dan Pelayanan Balai Litbang Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan (BHGK), dan Heruyoko Kasi Penerapan dan Pelayanan Balai Litbang Hidrologi dan Tata Air (HITA). Setelah melewati sesi diskusi, rombongan pun diantarkan untuk mengunjungi serta mengenal fasilitas uji model fisik bendung atau bendungan yang ada di Laboratorium Balai Litbang Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan. (humas)

Hak Cipta © 2018 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.