Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

KAMPANYE KARYA BALITBANG MERIAHKAN CAR FREE DAY DAGO BANDUNG

Admin Master     Thursday, 30 November 2017

CFD1.png

Bandung – Minggu pagi merupakan salah satu momen yang penting bagi Puslitbang SDA. Bersama Sekretariat Badan Litbang, Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Puslitbang Jalan dan Jembatan, dan Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, dengan memakai seragam kuning yang bertuliskan “Ciptakan Lingkungan Sehat Dengan Inovasi Balitbang” kompak menyuarakan tentang Inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitbang di Car Free Day (CFD) Dago Bandung (19/11). Kegiatan ini diselenggarakan bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Bhakti (HARBAK) PUPR ke 72 yang jatuh pada setiap tanggal 3 Desember.

“Kegiatan ini Perdana digelar di Car Free Day Bandung, dengan harapan untuk memperkenalkan produk seputar banjir, sampah dan teknologi pengolah sampah khususnya limbah plastik kresek yang dapat dijadikan aspal untuk jalan”, ungkap Sekretaris Balitbang Dr. (Eng) Ir. Herry Vaza, M. Sc sat pembukaan acara di halaman Kanpus Puslitbang SDA.

Turut hadir dalam acara ini, Eko Winar Kepala Puslitbang Sumber Daya Air, Arief Sabaruddin Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Iwan Supriyanto dan sejumlah pejabat Eselon 3 dan 4 di Lingkungan Balitbang PUPR

Tujuan utama dari kegiatan Kampanye Karya Balitbang adalah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat luas khususnya kota Bandung yang terpilih menjadi lokasi kampanye, serta mengedukasi warga Bandung khususnya pengunjung CFD Dago tentang betapa pentingnya mengelola sampah agar Kota Bandung tetap cantik, ramah lingkungan dan yang tak kalah penting tidak banjir dengan memanfaatkan inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitbang.

Event yang bertajuk “gowes dan go green” digelar oleh Satgas Kreatif Balitbang, disemarakkan dengan berbagi flyers dalam tas cantik, kaos, payung serta souvenir lainnya untuk partisipan yang mengikuti acara diskusi ringan seputar sampah, banjir dan jalan hijau. Acara ini juga diramaikan oleh sabahat Balitbang dan komunitas blogger kota Bandung yang tergabung dengan Balitbang. Acara yang berlangsung di halaman Eduplex Dago ini juga dimeriahkan dengan senam zumba bersama, ngamen keren dengan band Bandung, lomba foto cantik dengan background poster besar dalam photobooth. Kegiatan yang dimulai dengan jalan santai dari kantor Pusair berakhir di venue dipertunjukkan dengan aksi pungut sampah diiringi dengan musik kulintang dan hiburan seru lainnya.

Kepala Bali Litbang Lingkungan Keairan Nur Fizili Kifli turut hadir sebagai pembicara dalam diskusi santai seputar penanganan banjir dengan memanfaatkan teknologi hasil litbang dari Puslitbang SDA. Dari sekian banyak produk litbang yang dihasilkan, ada beberapa produk yang diperkenalkan kepada pengujung yang hadir, antara lain Bangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) yang merupakan salah satu bangunan konservasi sekaligus pendayagunaan, Tanaman Penyerap Limbah Rumah Tangga (Ecotech Garden) yakni salah satu teknologi alternatif pengolahan air selokan (grey water) atau effluent tangki septik dengan menggunakan tanaman hias, dan yang terakhir adalah Akuifer Buatan Daur Ulang Air Hujan (ABDULAH) adalah konservasi dengan penerapan prinsip penguunaan air hujan yang disimpan untuk dipakai secara berulang-ulang. Secara spiritual bangunan ABDULAH merupakan bangunan akuifer untuk suci ulang air yang berasal dari air hujan.

Partisipasi dan antusias para pengunjung sangat baik, dibuktikan dari mulai acara berlangsung hingga berakhir, booth Balitbang masih banyak diminati pengunjung dan dibanjiri anak-anak mahasiswa yang tartarik dengan produk Balitbang yang disuguhkan. Bahkan ada mahasiswa dari Jurusan journalist UNPAD turut mewawancara Ketua panitia seputar acara yang dibilang sukses karena hampir semua kalangan yang berkunjung ikut bertanya seputar produk yang dikampayekan. (humas)

Hak Cipta © 2018 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.