Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

JCP Day : Penandatanganan Kerjasama Indonesia - Belanda

Admin Master     Monday, 11 March 2019

IMG_20190308_073320_603.jpg

Setelah berhasil mengimplementasikan dua fase pertama kerjasama antara para pihak instansi dan lembaga terkait di Indonesia dengan Pihak Belanda, Kepala Pusat Litbang SDA Eko Winar Irianto bersama dengan instansi dan lembaga terkait kembali menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam bentuk Joint Cooperation Program (JCP) fase ketiga di Ruang Pendopo dan Sapta Taruna Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Jakarta 22 Januari 2019.

IMG_20190308_073320_586.jpg


JCP yang melibatkan Badan Pusat Litbang SDA, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Royal Netherlands Meteorological Institute (KNMI), dan Deltares ini dimulai sejak awal tahun 2009. Kegiatan kerjasama ini dilakukan dalam rangka memperkuat kapasitas Pemerintah Republik Indonesia di bidang Integrated Water Resources Management (IWRM) atau Manajemen Sumber Daya Air Terpadu, manajemen banjir/kekeringan (termasuk peringatan dini) dan iklim serta masalah pengelolaan air yang spesifik dengan program berbagi pengetahuan dan pengembangan kapasitas jangka panjang. Pusat Litbang SDA melalui Pusat Studi Hidroinformatika memiliki peran dalam integrasi dan konsolidasi semua dataset dan alat yang yang dikemas dalam satu platform, dan portal web untuk penyebaran data hidrometeorologis kepada para pemangku kepentingan.

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.