Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

INHOUSE TRAINING TEKNIK INSPEKSI BERDASARKAN SNI ISO/IEC 17020:2012 DI LINGKUNGAN PUSLITBANG SDA

Admin Master     Thursday, 28 September 2017

inhouse.png

Dalam rangka peningkatan kompetensi personil Lembaga Inspeksi, Puslitbang SDA menyelenggarakan Inhouse Training Teknik Inspeksi berdasarkan SNI ISO/IEC 17020:2012 di Lingkungan Puslitbang SDA dari tanggal 26 - 27 September 2017 bertempat di Ruang Media Center Balai Litbang Sabo Yogyakarta. Acara ini terselenggara atas kerjasama Puslitbang SDA sebagai pelaksana dengan narasumber dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).   Target peserta pada acara ini adalah Manajer Teknis, Deputi Manajer Teknis, Manajer Layanan, Manajer Mutu, Inspektur, Calon Inspektur, Auditor, Petugas Administrasi dan personel yang terkait dengan pengelolaan dan pengembangan lembaga inspeksi.

 Mengawali acara, Kasubbid Sarana Kelitbangan mewakili Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) melaporkan bahwa tujuan peningkatan kompetensi ini adalah agar para peserta memahami teknik melakukan inspeksi sesuai persyaratan SNI ISO/IEC 17020:2012. Setelah selesai penyelenggaraan acara ini, diharapkan kompetensi para peserta dapat meningkatkan substansi pengelolaan Lembaga Inspeksi dan memberikan peluang perbaikan untuk manajemen.   

 Acara dibuka oleh Kepala Balai Litbang Sabo. Saat pembukaan Kepala Balai Litbang Sabo menyampaiakan apresiasi kepada Bidang SDK atas terselenggaranya acara ini. Kepala Balai Litbang Sabo berharap dari hasil penyelenggaraan Inhouse Training Teknis Inspeksi ini dapat meningkatkan kinerja Lembaga Inspeksi Puslitbang SDA dan persiapan penambahan lingkup inspeksi Desain Bangunan Sabo yang sedang dalam proses.

 Hari pertama (26/9) acara diawali dengan Refreshment Lembaga Inspeksi dan standar Teknik Inspeksi, setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan dan diskusi tentang Instruksi Kerja Kinerja IPAL (Balai Litbang Lingkungan Keairan), Instruksi Kerja Kinerja Sistem Irigasi (Balai Litbang Irigasi), Instruksi Kerja Kinerja Pos Duga Air (Balai Litbang Hidrologi dan Tata Air) dan penjelasan Instruksi Kerja Desain Bangunan Sabo (Balai Litbang Sabo).

 Hari kedua (27/9) dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke laboratorium inspeksi Model Desain Bangunan Sabo Sungai Cimeta dan review hasil inspeksi di lapangan (kesesuaian dengan Instruksi Kerja dan SNI ISO/IEC 17020:2012).  

 Secara keseluruhan rangkaian acara selama 2 hari berjalan baik dan lancar. Acara ditutup oleh Kabid SDK (26/9). (sdk)  

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.