Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

DELEGASI KEMENTERIAN SUMBER DAYA AIR TIONGKOK MENGGALI ILMU BIDANG SUMBER DAYA AIR DI PUSAIR

Admin Master     Friday, 5 July 2019

tiongkok 2.png

BANDUNG- Pusat Litbang SDA menerima rombongan delegasi Kementerian Sumber Daya Air Tiongkok yang diwakili oleh Pearl River Water Resources Commision (PRWRC) sebanyak 7 orang dan diterima langsung oleh Kepala Pusat Litbang SDA, Eko Winar Irianto beserta jajarannya (1/7).

Pada kesempatan tersebut, Eko Winar Irianto memperkenalkan produk unggulan hasil litbang Pusat Litbang SDA. Lebih lanjut Eko menyampaikan kebanggaannya kepada rombongan delegasi yang telah sharing pengalaman dan pengetahuan di bidang sumber daya air.

Dalam paparannya, tim PRWRC menjelaskan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan komisi sumber daya air di Tiongkok dimana salah satunya adalah pengelolaan sungai.

Lebih jauh, tim komisi PRWRC menjelaskan hal-hal yang paling penting pada perlindungan pengelolaan sumber daya air yaitu sebagai berikut :
1. Kualitas air dan kontrolisasi polusi pada air
2. Mekanisme penghematan air
3. Manajemen konfigurasi optimalisasi air
4. Pengawasan air
5. Andil negara untuk sangsi/hukuman

Tim komisi PRWRC juga menambahkan beberapa tahapan pengelolaan sumber daya air yang dilakukan yaitu sebagai berikut :
1. Pembangunan sistem perencanaan wilayah sungai
2. Pembagian alokasi air
3. Batasan penggunaan air yang telah ditentukan oleh negara
4. Perencanaan yang matang di tiap kota
5. Pengendalian ekosistem air

Tim komisi PRWRC berkesempatan menggali ilmu bidang sumber daya air dengan mengunjungi laboratorium yang dimiliki Pusat Litbang SDA. Semoga ada pengetahuan dan pengalaman baru yang bisa di bawa pulang oleh rombongan tim komisi PRWRC dari hasil kunjungan tersebut serta kerjasama antar kedua belah pihak dapat terjalin dengan baik (Humas/AC)

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.