Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Diskusi Dukungan Litbang Menjawab Isu Strategis Pembangunan Infrastruktur PUPR

Admin Master     Saturday, 18 March 2017

P3160889.JPG

Bandung (16/3) Dalam rangka menjawab isu strategis nasional tahun 2017, diselenggarakan kegiatan Diskusi Inovasi Teknologi Mendukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur PUPR Berkualitas yang bertempat di Kantor Pusat Litbang SDA Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung. Acara secara langsung dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR Danish H. Sumadilaga.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh William M. Putuhena Kepala Puslitbang Sumber Daya Air; Herry Vaza Kepala Puslitbang Jalan dan Jembatan; Arief Sabaruddin Kepala Puslitbang Perumahan dan Pemukiman; Rezeki Peranginangin Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi; serta para pejabat fungsional, peneliti, perekayasa, dan ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) di Lingkungan Balitbang Kementerian PUPR.

P3160927.JPG

Danis menyampaikan bahwa tujuan dari pertemuannya dengan para hadirin yang juga termasuk di dalamnya merupakan peneliti, adalah untuk membahas berbagai program maupun kegiatan unggulan dari masing-masing Puslitbang pada tahun anggaran 2017 ini. Danis menegaskan bahwa Balitbang Kementerian PUPR harus mampu mendukung pembangunan infrastruktur bangsa ini sesuai dengan arah kebiajakan Menteri PUPR yang mengacu pada NAWACITA diantaranya, Pertumbuhan Ekonomi Dan Konektivitas; Keseimbangan Wilayah Dan Membangun Dari Pinggiran; Peningkatan Kualitas Hidup (Manusia Dan Lingkungan); serta Ketahanan Air Dan Energi, Serta Kedaulatan Pangan.

Dalam pembangunan infrastruktur PUPR, Balitbang dapak ikut andil melalui Manajemen Aset dengan cara menjaga keberlanjutan sistem, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, dan peningkatan kapasitas (Uprating); serta melalui Pembangunan Baru dengan cara percepatan pembangunan (teknis dan non teknis), berdaya saing tinggi, dan multi fungsi outcome.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Paparan Isu Strategis dan Dukungan Hasil Litbang dari masing-masing Puslitbang. Untuk Puslitbang SDA, penyampaian paparan diwakili oleh Waluyo Hatmoko selaku peneliti utama dari balai Hidrologi dan Tata Air. Penyampaian paparan disertai dengan diskusi bersama para pejabat fungsional, peneliti, perekayasa, maupun ketua KBK di Lingkungan Balitbang Kementerian PUPR. (Humas)

Hak Cipta © 2019 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.