Pertajam Strategi Ciptakan Inovasi

 

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung - 40135
Telp : (022) 2504053,2501554; Fax. (022) 2534018, Ext.200/374
E-mail : - lingkair@yahoo.com - balai.lk@pusair-pu.go.id

Keberadaan Laboratorium Balai Lingkungan Keaira hingga saat ini, pada dasarnya tidak terlepas dari aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh Balai Lingkungan Keairan sebelumnya. Nama laboratorium ini sebelumnya adalah Laboratorium Lingkungan Keairan. Akan tetapi setelah re-akreditasi pada bulan Juni 2010, nama laboratorium ditetapkan dengan nama Laboratorium Balai Lingkungan Keairan yang mengabadikan nama di mana laboratorium ini berada. Sejak tahun 1968, Balai Lingkungan Keairan (dahulu namanya Seksi Hidrokimia di bawah Direktorat Penyelidikan Masalah Air (DPMA), kemudian berubah menjadi Bidang Kualitas Lingkungan Tata Air (KLTA) di bawah Puslitbang Pengairan) telah berkiprah dalam berbagai kegiatan pemantauan kualitas air, penelitian dan pengelolaan kualitas air serta pengendalian pencemaran air baik di tingkat daerah maupun nasional, pengembangan jaringan pemantauan kualitas air, pembinaan kemampuan laboratorium daerah dan pengembangan kriteria dan baku mutu air serta penyusunan pedoman /standar pemantauan kualitas air di Indonesia.

Dalam kegiatan internasional sejak tahun 1979 berperan sebagai National Center untuk melaksanakan pemantauan kualitas air di Indonesia, dalam rangka mendukung sistem pemantauan kualitas lingkungan di dunia Global Environmental Monitoring System (GEMS) yang disponsori WHO/WMO/UNESCO. Kemudian sejak tahun 1999 berperan aktif dalam kegiatan pemantauan dampak hujan asam (acid deposition monitoring in East Asia) terhadap perairan tawar. Di samping itu sejak tahun 1995, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air telah menjadi unit swadana, di mana salah satu unit pelaksananya adalah Balai Lingkungan Keairan. Dengan demikian, pelayanan penelitian dan pengembangan di Balai Lingkungan Keairan termasuk pelayanan laboratoriumnya diperluas dengan penambahan pelanggan eksternal, yaitu instansi pemerintah, industri, konsultan lokal/asing, perguruan tinggi, masyarakat umum. Dalam upaya mempertahankan eksistensinya di tingkat pelanggan, sejak tahun 2004 Laboratorium Balai Lingkungan Keairan telah terakreditasi di Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan sertifikat No.: LP-217-IDN tertanggal 25 Juni 2004. Pengakuan akreditasi ini telah diperpanjang melalui re-akreditasi tertanggal 24 Januari 2011. Lingkup akreditasi Laboratorium Balai Lingkungan Keairan adalah air dan air limbah dengan Jumlah parameter yang terakreditasi sebanyak 20 parameter.

Balai Lingkungan Keairan saat ini memiliki tenaga ahli dan teknisi laboratorium yang kompeten, fasilitas gedung, laboratorium dan perangkat lunak yang mampu melaksanakan pelayanan sebagai berikut :

• Penunjangan ilmiah/advis teknis, litbang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air;

• Pelayanan pengujian kualitas air yang terdiri dari :

     a. Laboratorium Hidrokimia

     b. Laboratorium Kualitas Sedimen

     c. Laboratorium Hidrobiologi

• Pelayanan jasa konsultasi dan pembinaan teknis pengelolaan kualitas air, sertifikasi kinerja instalasi pengolahan air limbah industri dan strategi pengendalian pencemaran air.

 

 

Menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 21/PRT/M/2010 tanggal 31 Desember 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pekerjaan Umum, Balai Lingkungan Keairan mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang lingkungan keairan, dalam melaksanakan tugas tersebut, Balai Lingkungan Keairan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

Fungsi Balai (pasal 207) yaitu :

     1) Penyusunan program;

     2) Pelaksanaan penelitian;

     3) Pelaksanaan pengembangan;

     4) Pelaksanaan penerapan meliputi perekayasaan dan difusi teknologi;

     5) Pelaksanaan pelayanan teknis meliputi pengujian dan pengkajian;

     6) Pelaksanaan alih teknologi;

     7) Penyiapan standar, pedoman dan maunal;

     8) penyelenggaraan laboratorium serta sertifikasi;

     9) Evaluasi dan pelaporan.

Dalam menjalankan fungsi penyelenggaraan laboratorium dan sertifikasi dilaksanakan oleh Seksi Penerapan dan Pelayanan yang bertanggungjawab kepada Kepala Balai Lingkungan Keairan.

Fasilitas Laboratorium :

Laboratorium Balai Lingkungan Keairan telah dilengkapi peralatan untuk mendukung pengujian :

     a. Laboratorium Hidrokimia untuk parameter Fisika, Kimia Air dan Uji Pengolahan Air

     b. Laboratorium Kualitas Sedimen untuk parameter kualitas sedimen yaitu parameter fisik (pH sedimen, besar butir, kadar sedimen layang dan dasar),               parameter kimia sedimen (kesuburan, logam berat, uji TCLP)

     c. Laboratorium Hidrobiologi untuk parameter mikrobiologi (fecal coli dan total coli), plankton, bentos, bio-assay (Dapnia sp.) dan Uji Biodegradasi.

PELAYANAN JASA LABORATORIUM DAN SURVAI

     • Pelayanan jasa pengukuran dan pemetaan sumber pencemaran air

     • Pengambilan contoh air dan pengujian kualitas air untuk pemanfaatan sumber air (air bersih,     pertanian, perikanan dan industri)

     • Pengambilan dan pengujian contoh air limbah

     • Pengujian toksisitas (LC-50) menggunakan organisme Dapnia sp.

     • Pengujian lumpur, sedimen/tanah, biota air (plankton dan bentos)

     • Pengukuran dan pengujian kualitas sedimen pada sungai dan waduk

     • Percobaan pengolahan air dan air limbah skala laboratorium

     • Penyediaan contoh uji banding laboratorium

     • Pembinaan laboratorium dalam rangka akreditasi

 STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM

 Surat Keputusan Kepala Pusat Litbang SDA No. 0.02/SPRIN/La/2011

 

 

 Tabel Lingkup Akreditasi Laboratorium Lingkungan Keairan

 

 

 SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM

 Ruang Laboratorium Lab. Lingkungan Keairan yang disertai dengan ruang proses pengujian sampel.

 

 

 Peralatan Laboratorium dan Lapangan

 

 

 

Peralatan Laboratorium yang handal merupakan salah satu faktor penting dalam menjamin kebenaran dan kehandalan hasil pengujian. Agar tetap dapat memberikan hasil yang tepat, peralatan haruslah dilakukan pemeliharaan dan perawatan secara terus menerus. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia laboratorium yang berkompeten dan bersertifikat.

 

Daftar Personil Pengelola Laboratorium

 

 Dengan barvariasinya parameter uji yang mampu ditangani, maka tidaklah mengherankan apabila mitra laboratorium berasal dari berbagai kalangan mulai dari pemerintah, swasta, industri, dan perguruan tinggi, juga bahkan dari konsumen rumah tangga (masyarakat umum).

 Stakeholder Pengguna Layanan Laboratorium

Hak Cipta © 2018 Puslitbang Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. All Rights Reserved.